-->

Monday, April 18, 2016

Resep Ayam Bakar Rumahan Yang Enak

Resep Ayam Bakar Rumahan Yang Enak ~ Resep ayam bakar kali ini akan sangat mudah untuk di praktekkan. Bagi penikmat kuliner daging ayam,menu ayam bakar selalu menjadi pilihan banyak orang. Pada momen-momen tertentu semisal malam tahun baru paling enak kumpul bersama teman,saudara,ataupun keluarga dengan mengisi acara makan bersama. Tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri menu ayam bakar di rumah.

resep ayam bakar rumahan yang enak

Bahan-bahan :

1kg daging ayam
2 lembar daun salam
2 lembardaun jeruk
1 buah jeruk nipis
2 sdt air asam jawa
1 sdm penyedap rasa (misal royco ayam)
1 atau 2 sdm garam halus
2 sdm saos sambal
2 sdm gula merah (disisir)
Air secukupnya
8 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan:

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1/2 ruas jari kunyit
1/2 ruas jari jahe
Cabe merah sesuai selera
1 ruas jari lengkuas
1 sdm ketumbar

Langkah langkah :


1.Potong ayam sesuai selera, Kalau saya dari penjual udah minta dipotongin.

2.Cuci ayam hingga bersih, Ambil 1 buah jeruk nipis kemudian peras dan lumuri ke ayam. Diamkan kurang lebih 5 menit kemudian bilas lagi dengan air bersih.

3.Haluskan semua bumbu, kemudian siapkan wajan yang kira-kira cukup menampung ayam tadi. Beri sedikit minyak pada wajan, Tumis bumbu halus dengan api sedang.

4.Setelah baunya mulai tercium harum, masukkan daun salam dan daun jeruk. Tambahkan juga air asam jawa, kecap manis, gula merah, beri garam dan penyedap rasa.

5.Masukkan semua ayam ke dalam wajan yang berisikan bumbu, tambahkan air biasa (jangan terlalu banyak agar bumbu lebih meresap, juga jangan terlalu sedikit. Kira2 cukup sampai ayam setengah terendam air)

6.Didihkan dengan api sedang, sambil di cicipi rasanya pastikan sampai air sedikit mengental baru matikan kompor. Kurang lebih 20menit

7.Sisihkan ayam yang sudah diungkap bersama bumbu tadi, kemudian ambil sedikit sisa air bumbu tadi kembali didihkan dengan api sedang tambahkan saos sambal hingga sedikit lebih mengental.

resep ayam bakar enak

Panggang ayam dan olesi dengan bumbu kental yang sudah dibuat dari air sisa ungkapan ayam. Ayam bakar siap disajikan dan di santap bersama teman atau kerabat anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment