-->

Saturday, May 28, 2016

Resep Mie Ayam

Resep Mie Ayam ~ Kuliner indonesia sangatlah banyak apalagi jajanan Mie Ayam murah meriah yang ada di warung-warung di sekitar kita. Menu yang tidak asing karena banyaknya yang menjual makanan ini.

Banyak dari anda pasti sering membeli mie ayam daripada membuatnya, Tapi tidak ada salahnya membuat sendiri mie ayam di rumah apalagi saat cuaca hujan pas kita malas untuk keluar rumah atau yang ingin buka warung mie ayam sendiri bisa menyimak cara membuatnya.

Resep Mie Ayam Kuliner Indonesia

Bahan bahan :

1/2 kg mie basah (khusus mie ayam beli di pasar), kalau mau simpel gunakan mie kering (kurang mantap) atau membuat Mie Basah sendiri
1 ikat sawi manis

Bahan Ayam:

1/2 kg daging ayam, potong kecil2
5 butir kemiri, sangrai
5 butir bawang merah, iris tipis, goreng
5 butir bawang putih, geprek, goreng
1 cm jahe
1 batang serai, geprek
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1/2 sdt merica bubuk
100 ml kecap manis
200 ml air
1 sdt garam

Bahan Kuah:

2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica bubuk
1 liter air
kaldu ayam
1 sdt garam

Bahan Taburan:

secukupnya bawang goreng
secukupnya daun sop (seledri), cincang halus
saos sambal
kerupuk pangsit

Langkah langkah :


Masak ayam terlebih dahulu. bumbu yang di olah haluskan kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, lalu tumis sampai harum. Kemudian masukkan serai, daun jeruk, daun salam, merica bubuk, garam, dan ayam. Tambahkan 200 ml air dan kecap, aduk2 sampai matang.

Selanjutnya masak kuahnya. tumis bawang putih dan merica, lalu tambahkan air, garam dan kaldu ayam. Masak sampai mendidih.

Terakhir rebus Mie dan sawi dalam air mendidih selama +/- 3 menit. Saat sudah matang angkat dan tiriskan.

Penyajianya mudah tuang mi, sawi, ayam dalam mangkuk, siram dengan kuahnya. Tambahkan saos, bawang goreng, daun sop, dan kerupuk pangsit.

Rasa Mie Ayam ini tidak kalah dengan mie ayam yang di jual di warung-warung sekitar rumah anda. Selain enak jika anda membuat sendiri akan terjaga kebersihannya. Selamat memasak...

Previous
Next Post »

Post a Comment